Welcome to My Blog,
Follow me and Comment pls!!
Have Fun...

2012/02/17

Contoh Pidato


Berburuk Sangka

               Bapak wali kelas yang saya hormati
               Teman temanku yang saya sayangi
               Assalamualaikum wr wb
               Marilah kita bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat-Nya lah kita masih dapat berkumpul bertemu pada siang hari ini. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang “ Berburuk sangka “.
               Dari namanya sudah tertebak apa dampak berburuk sangka bagi pelakunya tentulah buruk. Mungkin dari kita sudah makanan sehari hari berburuk sangka atau membicakan keburukan atau dugaan dugaan buruk kepada orang lain yang belum tentu benar. Tahukah kalian kotornya mulut yang selalu mengucap hal buruk tentang orang lain, mungkin kita tidak merasakan. Tapi walau ringan dimulut tapi berat timbangan pada dosa kita.
               Seorang yang selalu berburuk sangka dapat menimbulkan fitnah, dan fitnah lebih kejam dari pembunuhan. Apa kalian mau disebut sebagai seorang pembunuh, karena orang yang berburuk sangka dapat juga membunuh karakter seseorang. Pelaku kebanyakan adalah perempuan. Karena perempuan lebih suka membicakan detail seseorang. Beda dengan laki-laki yang tidak suka membicakan seseorang atau bahkan tidak peduli. Oleh sebab itu banyak yang mengatakan bahwa penghuni neraka terbanyak adalah kaum hawa. Apa kalian mau masuk neraka hanya karena membicakan orang lain?
               Berburuk sangak pada umumnya didasari oleh perasaan benci, dengki, iri, atau bahkan tren di sekolah agar banyak teman. Memang pedas rasanya bila membangun persahabatan karena sama-sama suka berburuk sangka. Karena sebagian orang menganggap itu lelucon semata, dan tidak memikirkan dampak yang dapat mengubah hidup orang yang dibicarakan menjadi canggung dan hancur. Dan dampak bagi pelaku yang membuat hidupnya penuh kebohongan dan masuk neraka.
               Apa enaknya membicarakan keburukan orang lain kalau kita dapat membicarakan kebaikannya atau hal lain yang lebih berguna.
               Kejahatan yang dibalas dengan kejahatan adalah akhlak ular. Kebajikan yang dibalas dengan kejahatan adalah akhlak buaya. kebajikan yang dibalas dengan kebajikan adalah akhlak anjing. Kejahatan yang dibalas dengan kebajikan itulah akhlak manusia.
               Orang-orang yang suka berkata jujur mendapatkan tiga hal, kepercayaan, cinta, dan rasa hormat.
               Sekian yang dapat saya sampaikan. Apabila ada perkataan atau sikap saya yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Atas waktu dan perhatian saya ucapkan terima kasih.
               Bilahitaufikwalhidayah
               Wassalamu’alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOLONG BERI KOMENTAR ANDA, KRN KOMENTAR ANDA SANGAT BERHARGA BAGI SAYA